Pendahuluan

Menurut situs id.wikipedia.org, Strategi merupakan pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Dan menurut situs kbbi.web.id, arti kata “Strategi” merupakan rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Jadi sebuah strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu dengan cara yang cermat dalam mencapai tujuan.

Dalam post kali ini kami ingin membahas tentang strategi mengurangi atau meminimalisir kesalahan input dalam Sistem Informasi Manajemen (MIS itu inggrisnya XD ), tapi ada berbagai hal yang akan dibahas mengenai hal-hal diluar MIS tetapi masih bersangkutan dengan kesalahan yang mungkin terjadi pada proses penginputan pada Sistem Informasi Manajemen, kesalahan yang biasa terjadi ialah pada ; sistemnya, piranti lunaknya, jaringannya, kegunaannya, fitur piranti lunaknya, hardware dan bahkan user (manusia). Bagi yang belum mengetahui apa itu MIS/SIM (Sistem Informasi Manajemen) bisa dicari dulu di sini.

 


Konten

Oke (tidak ada unsur politik), pada pendahuluan kita dapat melihat apa definisi dari strategi tapi apakah itu dibutuhkan dalam proses input ? Perlu kita ketahui bahwa apapun yang akan dikerjakan haruslah terencana, dan telah kita lihat tadi bahwa rencana merupakan bagian dari strategi. #Question : “gan!, strategi itu panjang dan lama, masa cuma input doang yang sebentar, lagipula keyboard cuma di pencet-pencet harus pake strategi ? “. Nah mungkin kami bisa memberi informasi tentang kata “input”. Perlu agan ketahui “input” ialah kata kerja yang berasal dari bahasa asing dan input itu memaknai beragam hal bukan hanya input menggunakan keyboard. Banyak komponen lain dalam hal proses input seperti yang kita sering lihat ; Scanner, mouse dan mic merupakan alat penginput juga. Dan bukan hanya dalam peralatan, input juga bisa di kaitkan dalam hal pemrograman, aplikasi, dsb. Sudah mengerti? baguft :V…

diagram-600pix-wide

Proses input dalam SIM identik dengan memasukkan data kedalam sistem yang akan mengolah data tersebut menjadi informasi yang berguna bagi organisasi, seringkali adanya kejadian kesalahan dalam penginputan data yang menjadikan informasi yang tidak akurat dan mempengaruhi keputusan akhir dari sebuah pemecahan masalah. Bagaimana cara mengatasinya ? Kami mempunyai pendapat bahwa kesalahan penginputan dibagi jadi beberapa komponen, diantaranya :

  • Komponen Sistem

590300

Kesalahan yang diakibatkan oleh kesalahan sistem ini merupakan kesalahan dari awal perancangan sistemnya, bisa jadi juga suatu organisasi membeli produk SIM yang umum namun tidak sesuai dengan kebutuhan ataupun tidak sesuai dengan tipe pemasalahan.

 

  • Komponen Hardware

6a00d8345157c669e201b7c8114251970b-800wi

Kesalahan dari komponen Hardware ini berkaitan dengan apapun yang terhubung dengan SIM, baik itu peralatan input, pemrosesan ataupun output. Jika suatu hardware tidak kompatible dengan sistem yang diterapkan atau tidak dapat berfungsi dengan baik (malfunction) maka akan mempengaruhi proses penginputan dan dapat berdampak pada kesalahan pada proses input data.

 

  • Komponen Software

software_failure

Kesalahan dari sisi komponen software ini berdampak sensitif pada SIM, bilamana suatu SIM yang akan diterapkan memberikan sebuah spesifikasi standar yang mengharuskan pemakaian software tertentu tetapi pihak organisasi tidak menerapkan spesifikasi tersebut maka sebuah SIM tidak akan berjalan ataupun jika bisa berjalan pasti ada bagian atau fitur yang tidak bisa dipakai, nah terbayangkan jika kita memakai sebuah sistem namun tidak mengikuti standarisasi dari sistem tersebut lalu ketika dijalankan sistem tersebut mendapati sebuah dependency yang dimana software yang kita pakai tidak memilikinya maka akan terganggu proses penginputan yang akan berakhir juga pada kesalahan input (walaupun tergantung dependency nya pada bagian mana :V )

 

  • Komponen Manusia

human-error-steve-e28093-the-biggest-data-security-threat

Manusia adalah sistem dengan script yang dapat berkembang dengan sendirinya, didalam manusia terdapat jiwa dan raga (soktau), hal ini menjadikan komponen manusia adalah komponen yang sangat rentan. Jika pada komponen hardware hanya akan dilakukan pemeliharaan maka pada manusia tidak hanya dibutuhkan sebuah pemeliharaan. Biasanya manusia akan melakukan kesalahan input pada SIM dikarnakan :

»Emosional

Manusia mempunyai emosi yang bekerja secara terus menerus walaupun tidak mereka sadari, emosional inilah yang mewakilkan perasaan dari manusia. Apabila manusia mengalami sebuah tekanan yang menurut mereka sudah mulai memuakkan maka timbul lah emosional yang berujung pada permasalahan, permasalahan ini bukan hanya berdampak kepada proses input melainkan juga persaingan serta rutinitas suatu organisasi.

»Pengetahuan

Manusia tak lepas dari pengetahuan, apabila ia tertinggal maka dunianya akan berbeda dengan dunia yang sekarang. Sekarang dalam SIM tidak harus berbasis kertas lagi tetapi telah berbasis komputerisasi, dan jika ada seseorang yang tidak paham cara menggunakan suatu sistem komputerisasi maka akan terjadi banyak kesalahan dalam penginputan walaupun bukan cuma dalam hal penginputan saja tapi segalanya apabila tidak tahu caranya maka akan terjadi kegagalan fungsi.

»Lingkungan

Manusia dalam suatu organisasi mempunyai lingkungan yang berbeda, walaupun mereka berdiam didalam satu organisasi yang sama tetapi dalam benak mereka, mereka akan menciptakan lingkungannya tersendiri dengan cara memilah bagian dari organisasi.


Strategi

Jika pada pendahuluan dan konten kita telah menerangkan masalah yang dapat memengaruhi proses penginputan, maka pada bagian ini kita akan membahas bagaimana cara menanganinya.

  • Strategi Mengatasi Komponen Sistem

Strateginya ialah dengan mengidentifikasi masalah pada suatu organisasi kemudian di pilah menjadi masalah yang terstruktur dengan yang tidak terstruktur, setelahnya ditentukan SIM yang mendekati atau cocok dengan masalah tersebut. Adapun cara lain jika tidak ada SIM yang cocok dengan masalah pada suatu organisasi tersebut maka disarankan untuk membuat SIM yang cocok dengan masalah yang ada.

  • Strategi Mengatasi Komponen Hardware

Untuk menuntaskan masalah pada komponen Hardware, kami menyarankan untuk mematuhi standarisasi hardware dari SIM yang Anda beli atau sewa guna menghilangkan adanya kesalahan fungsi dari hardware yang tidak cocok. Dan untuk pembelian komponen hardware lainnya usahakan untuk membeli peralatan yang tahan lama tapi juga yang sesuai untuk sebuah pekerjaan organisasi / proses input. Kan lucu jika suatu cabang diberikan fasilitas SIM dan komponen hardwarenya (misalkan) Mouse gaming macro RGB serta Keyboard gaming RGB hanya untuk menginput data :V .

  • Strategi Mengatasi Komponen Software

Untuk menyelesaikan dan mengatasi masalah pada komponen software hampir sama halnya seperti komponen hardware, jika Anda membeli / memakai sebuah SIM maka harus mengikuti standarisasi softwarenya, misalkan kita membeli suatu SIM berbasis desktop untuk sistem operasi Windows maka tidak akan berjalan SIM tersebut apabila kita menggunakan sistem operasi Linux dikarnakan dependency SIMnya mengharuskan adanya ikatan antara SIM dengan komponen ekslusif / third party dari sistem operasi Windows nya. Tapi hal tersebut berbeda cerita jika SIM yang Anda beli / pakai hanya berbasis WEB (tapi tergantung browsernya :v ), software juga haruslah mengandung fitur antisipasi dari kesalahan inputan, misal Auto Correction untuk meminimalisir kesalahan penyebutan data, fitur Update-Delete untuk mengantisipasi kesalahan penginputan yang telah terindeks pada sistem, dll.

  • Strategi Mengatasi Komponen Manusia

»Emosional

Dalam penanganan emosional manusia, dapat di minimalisir dengan lingkungan organisasi yang jauh dari tema “kepenatan” atau “monoton”, hal ini dapat meminimalisir angka emosional yang dapat berlanjutan kepada kesalahan penginputan dan hal seperti ini telah diterapkan pada organisasi-organisasi besar. Strategi lainnya ialah menghilangkan strata jabatan (atasan dengan bawahan), dengan cara pendekatan dari atasan yang memperhatikan seluruh bawahannya dengan pandangan sebuah team tetapi tak hanya itu atasan juga harus menempatkan dirinya sebagai leader yang membantu para anggota team lainnya.

»Pengetahuan

Dalam penanganan yang ini mungkin ada baiknya diberikan pelatihan secara menyeluruh tetapi ini dibutuhkan partisipasi dari manusianya jangan sampai manusianya menolak tata cara pengerjaan SIM yang terkomputerisasi, tak hanya pelatihan dalam penggunaan sistemnya tetapi juga penggunaan dan tata cara menggunakan komponen hardwarenya, kita bisa memberikan pelatihan bagaimana cara menggunakan komponen hardware yang baik dan benar untuk mencegah kerusakan pada hardware (hal ini juga berdampak baik pada anggaran organisasi). Ada juga manusia yang hidup di era ini telah mengetahui bagaimana tata cara penggunaan seluruh komponennya, nah kita bisa menambahkan suatu fitur Auto Correction ataupun Word Suggestions untuk menambah kinerja komponen manusianya.

»Lingkungan

Dalam setiap manusia mereka memetakan lingkungan tersendirinya walaupun pada suatu tempat yang sama, hal ini dapat diatasi dengan menambah ke kompakan tiap anggota organisasi. Berbincang dengan semua anggota kelompok akan mencairkan suasana dan juga mengadakan gathering organisasi dapat menjadi solusi dalam memper erat solidaritas antar anggota organisasi.

 


Jadi…

Strategi memang dibutuhkan dalam penginputan SIM, walaupun beberapa komponen tersebut melenceng keluar dari topik pembahasan dalam ruang lingkup SIM tetapi akan sama halnya bila terkait dengan masalah yang telah dibahas tadi (karna itu adalah masalah umum yang berdampak besar). Jadi kami mohon maaf jika ada salah materi, pemahaman, pendapat dan strategi pemecahan masalahnya, sekian post kami pada minggu ini. Terima kasih…

Advertisements